Kapolda Lampung Irjen (Pol) Purwadi Arianto Kunjungan Kerja Ke Lampung Barat

Berita Umum, LAMPUNG BARAT, lamteng.com. — Kunjungan kerja Kapolda Lampung, Irjen (Pol) Purwadi Arianto , ke Lampung Barat, Kamis (25/7) , terasa lebih istimewa. Lantaran kunker kali ini tidak sebatas bertemu jajaran kepolisian di Polres Lampung Barat (Lambar) saja. Pada kesempatan itu Kapolda mendapat jamuan khusus makan siang bersama Sultan Kerajaan Skala Brak, Gelar SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak yang dipertuan ke-23


“Saat tiba di Gedung Dalom di Kecamatan Batu brak, polisi berpangkat bintang dua tersebut disambut langsung Putra Mahkota Pangeran Alprinse Syah Pernong Dan Pasukan Yang Mulia Puniakan Dalom Beliau Pangeran Edwar Syah Pernong, juga jajaran kerajaan Dari Lampung Selatan tanggamus ,pringsewu dan Pesisir barat, para saibatin dan penyimbang adat yang ada di Lambar, serta Bupati Parosil Mabsus dan Jajarannya, turut hadir pula mantan bupati Lambar 2012-2017 Mukhlis Basri.


Prosesi Akkon Muakhi Kapolda Lampung dengan Pangeran Edward Syah Pernong disaksikan langsung oleh Putra Mahkota kerajaan para raja-raja jukuan ( raja-raja suku) dibawah kerajaan kepaksian pernong, para bangsawan tinggi kerajaan, penglima kerajaan, para hulu balang dan para perndekar kerajaan. Selain itu prosesi Akkon muakhi yang menjadi petanda masuknya kapolda sebagai kerabat kerajaan sekala bekhak juga di saksikan oleh Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, Kapolres Lambar, AKBP Doni Wahyudi, Dandim 0422, Letkol Kav Andri Cahyo, Calon anggota DPR RI Terpilih, Mukhlis Basri, dan beberapa tokoh masyarakat adat Lampung tengah serta para kerabat kerjaan.


Prosesi Akkon Muakhi Kapolda Lampung dengan pangeran Edward Syah Pernong tertuang dalam piagam adat No : 055/PA/SB/KP/VII/2018, yang menegaskan Sai Bati Raja Adat kerajaan adat paksi pak sekala bekhak kepaksian pernong Lampung sebagai pemegang kekuasaan tertinggi sebagai pemilik dan penguasa adat kerajaan adat kepaksian pernong menyatakan Akkon Muakhi kepada Kapolda lampung IrjenPol Purwadi Arianto.

Berita Umum, LAMPUNG BARAT, lamteng.com.(rls)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.