Kapolres Lamteng Dampingi Karo Ops Polda Lampung Meninjau Pos Pengamanan Rest Area 172 B Lembu Kibang

Berita Hukum. LAMPUNG TENGAH. lamteng.com. — Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro S.Ik., S.H. didampingi Waka Polres Lampung Tengah Kompol Suparman, S.Pd., M.Si dan Kabag Ops Kompol Juli Sundara, A.md. menyambut kedatangan Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol Wahyu dan Kasi Ops Korem 043/Gatam Lampung Kolonel Inf Slamet Winarto, S.E. yang datang menggunakan helikopter dari Bandar Lampung untuk meninjau dan mengecek Pos Pengamanan Rest Area 172 B Lembu Kibang dan memonitoring pelaksanaan kegiatan penyekatan arus mudik balik kendaraan yang dilakukan petugas pada Ops Ketupat Krakatau 2021 Polres Lampung Tengah, pada hari Senin (17/5/2021) Jam 13.00 WIB.

Kedatangan Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol Wahyu dan bersama Kasi Ops Korem 043/Gatam Lampung Kolonel Inf. Slamet Winarto, S.E. adalah untuk meninjau dan memonitoring pelaksanaan Ops Ketupat Krakatau 2021 yang dilaksanakan Polres Lampung Tengah di Pos Pengamanan Rest Area 172 B Lembu Kibang dan mengecek penyekatan kendaraan yang dilakukan pada kendaraan yang melintas atau akan melakukan mudik arus balik, yang mana dalam pemeriksaannya dilakukan secara selektif, pada kendaraan-kendaraan yang akan diperiksa terutama dengan kendraaan yang berplat nopol diluar Lampung.

Dijelaskan Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.Ik., S.H. “Pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas tidak semua kendaraan yang diperiksa, hanya kendaaran yang berplat Nopol diluar Lampung, apabila dalam pemeriksaan petugas kendaraan tersebut plat nopolnya dari luar Provinsi Lampung akan tetapi pengakuan dari sopir atau penumpangnya dari Lampung dan tujuan hanya daerah Lampung saja, maka petugas menanyakan kebenarannya dengan memeriksa dari KTP sopir atau penumpang tersebut dan juga menanyakan Surat Keterangan (Suket) Kesehatan yang dimiliki apabila pengendara menyertakan dan dapat menunjukan kelengkapan ke semuanya pengendara dapat melanjutkan perjalanannya.

Begitu juga pengendara yang plat Nopol dari Luar Lampung akan menuju Pulau Jawa dan akan melintasi pelabuhan Bakauheni dan dapat menunjukan kelengkapan yang ditanyakan oleh petugas maka kami mememerintahkan dapat melanjutkan perjalanannya, namun apabila sebaliknya pengendara tidak dapat menunjukkan kelengkapan Suket Kesehatan Covid-19 maka petugas yang melaksanakan tugas hari itu, akan menyarankan pemeriksaan swab, test PCR dan test Genose guna memastikan masyarakat yang akan menuju pulau jawa dalam keadaan sehat dan terbebas dari Covid-19, terangnya Kapolres.

Dalam pemeriksaan test swab yang dilakukan petugas kesehatan juga dilakukan dua kali, contohnya ada pengendara dilakukan pemeriksaan kesehatan Covid-19, diperiksa pertama ia dengan hasil reaktif, petugas akan mengisolasikan si pasien selama tiga jam dulu, kemudian diperiksa kembali apabila hasilnya negatif maka, hasilnya akan kami berikan hasil yang terakhir dan kami sertakan surat keterangan untuk dibawa melanjutkan perjalanan.

Lalu apabila ada pengendara yang kami periksa sebanyak dua kali dengan hasil reaktif maka, si pasien yang diperiksa akan kami rujuk ke Rumah Sakit Umum Harapan Bunda Bandar Jaya untuk dilakukan Isolasi dan pengawasan di Rumah Sakit, Tambahnya.”

Dalam Tinjauan ke Lampung Tengah Kombes Pol Wahyu mengatakan “Bahwa dalam pelaksanaan Ops Ketupat Krakatau 2021 hari ini adalah yang terakhir dan kegiatan ini juga tujuannya adalah memonitoring kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Lampung Tengah dalam kesiap siagaan personel dilapangan menghadapi arus mudik balik lebaran tahun 2021 dan melakukan penyekatan, terhadap kendaraan yang dari luar daerah Lampung guna tujuannya adalah memutus penyebaran Covid-19 yang masih belum usai serta tak lain tujuan ini agar tidak timbulnya cluster baru yang datang pada diri kita masing-masing atau orang lain dalam penularan Covid-19, Terangnya.

Oleh karena itu mari kita jaga selalu kesehatan diri dan orang lain guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan selalu mematuhi Protokol kesehatan dengan 5-M yakni dengan Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas (bepergian). Pungkasnya. (red)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.