Bahan – bahan Tradisional Mampu Mebuat Handsanitaizer

Berita Kesehatan. TANGGAMUS.lamteng.com. — Kaum Milenial Pekon Talang Rejo Kecamatan Kota Agung Timur mempunyai ide kreatif membuat handsanitaizer dari bahan-bahan tradisional. Daun suruh, lengkuas, serai dan daun pandan. Dengan cara direbus daun-daun tersebut diambil ekstraknya ditambahkan baby oil sebagai pengganti alkohol.

Dimasukkan dalam wadah plastik dan dibagi-bigikan ke warga oleh kader-kader relawan. Pemuda Talang Rejo juga membuat grammer sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan bahayanya Covid-19.

Dipromotori oleh Ihsan Kurniawan, Mahasiswa UIN Raden Intan Bandar Lampung. Mahasiswa semester 8 ini tujuannya agar masyarakat paham bagai mana pencegahan dan pemutusan rantai virus Covid-19 Corona ini.

Selanjutnya bahan penyemprotan disinfektan diracik dari bahan cairan pembersih lantai dan cairan pemutih kain, diaduk dengan air 15 liter. Disemprotkan diseluruh penjuru Pekon Talang Rejo. Kegiatan ini murni kegiatan swadaya pemuda-pemudi Pekon Talang Rejo.

Warga Pekon Talang Rejo, Rianto menyambut baik atas ide kreatif pemuda pemudi Pekon Talang Rejo. Walau pun dengan keterbatasan anggaran bisa menciptakan handhanitaizer dari bahan-bahan tradisional. Ini kreatif sekali dan bagus perlu dicontoh oleh pekon-pekon lain.

” Kegiatan ini kreatif sekali perlu kita contoh. Tujuan pemuda-pemudi Talang Rejo ini bagus sekali utamanya untuk mengedukasi masyarakat bagaimana pencegahan Covid-19 ini. Memutus rantai penyebarannya. Harapannya agar pihak-pihak terkait mengerti dan diberikan bantuan ke masyarakat terkait edukasi dan pemahaman covid-19.” ujar Rian.

Harapannya agar pemerintah dan pihak-pihak terkait peduli dan mau berbuat untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19, yang telah menjadi pandemi diseantero Indonesia dan dunia. Diharapkan Pihak-pihak terkait membangun pos pemantauan orang-orang yang keluar masuk Pekon Talang Rejo khususnya orang-orang yang datang dari luar daerah. Pendanaan upaya pencegahan Covid-19 di Pekon Talang Rejo supaya dianggarkan.

” Kami pemuda-pemudi berharap agar pihak-pihak terkait baik pemerintah, tenaga kesehatan memberikan perhatian di Pekon Talang Rejo dan yang lainnya. Terutama sekali mengedukasi masyarakat bagaimana pencegahan virus Corona ini.” ungkapnya Ihsan.

Berita Kesehatan. TANGGAMUS.lamteng.com. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *