Lapas Gelar Nobar Bersama 429 WBP Dan Pejabat Struktual Serta Jajaran Pengaman Lapas

Berita Umum, TANGGAMUS, lamteng.com. – Indikator keberhasilan Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) terletak pada kemampuan untuk memenuhi hak warga binaan pemasyarakatan. Maka dari itu, salah satu sebagai wujudnya, Lapas Kelas IIB Kota Agung menggelar Nonton Bareng (Nobar) bersama 429 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pejabat struktural serta jajaran pengaman lapas.

Dalam kegiatan Nobar yang digelar di Aula Lapas setempat, Rabu (02/10/2019) Malam, dengan menayangkan film yang akan diputar berjudul Avengers EndGame besutan rumah produksi Marvel Cinematic Universe (MCU).

Sebelum pemutaran Film, Kepala Lapas (Kalapas) kelas IIB Kota Agung, Sohibur Racman, memberikan penjelasan terkait hak dan kewajiban narapidana dan tata cara kunjungan, tertib lapas hukuman bagi WBP yang melanggar aturan saat berinteraksi langsung kepada WBP.

“Ada beberapa poin yang saya jelaskan tentang Hak dan Kewajiban WBP berdasarkan peraturan yang berlaku. Dan salah satunya dengan digelarnya nonton bersama ini adalah salah satu hak dari WBP untuk mendapatkan hiburan yang kami sebut rekreasi didalam lapas,” ujar Sohibur.

Sohibur juga menyampaikan dalam kesempatan itu bahwa kalian Wargabinaan bukan saja objek, melainkan subyek yang tidak berbeda dari manusia lainnya. “Maka dari itu dengan adanya kegitan ini dan komunikasi ini, adalah merupakan bagian proses komitmen lapas ini menjadi bebas narkoba,” terang Sohibur.

Selain dari itu, lanjutnya, digelarnya nonton bersama ini suatu simbolis pemberian reward (penghargaan) kepada WBP atas sikap patuh dan tertib mereka sendiri dalam menjalani hari harinya di lapas. Dengan demikian kondisi lapas menjadi kondusif jauh dari gejolak.

“Tidak terasa sudah satu (1) tahun saya mengemban amanah di lapas ini. Dan kegiatan ini baru pertama kalinya kita laksanakan dan alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan para WBP pun merasa senang akan hiburan yang kami sediakan. Kedapannya tentu saja kita akan memberikan suatu sarana rekreasi yang bermanfaat. Tentu dengan tujuan agar membentuk jiwa mereka kearah yang positif sehingga bisa siap kembali kemasyarakat setelah bebas nanti,” jelas mantan Kepala Rutan Depok ini.

Dalam kesempatan itu juga, tak lupa pihak Lapas memberikan door prize (Hadiah) kepada warga binaan yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para petugas. Tentunya pertanyaan yang dilontarkan seputar dari penjelasan yang dipaparkan oleh Kalapas terkait dengan Hak dan Kewajiban Narapidana.

“Kita siapkan juga hadiah untuk para saudara kita yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar. Dan saya sangat senang sekali mereka begitu antusias dan pintar dalam menjawabnya,” ungkapnya seraya sambil tersenyum.

Berita Umum, TANGGAMUS, lamteng.com. (Asp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *