Warga Indonesia Wajib Menjadi Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan

Berita Kesehatan, METRO.lamteng.com. -– Menjadi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Saat ini, kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS sangatlah tinggi, hal tersebut terbukti dari jumlah peserta yang terus bertambah setiap tahunnya. Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran untuk membayar iuran tepat waktu.

Salah satu upaya BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kesadaran peserta adalah dengan membagikan kaos pengingat bayar iuran. Bertempat di pusat pasar tradisional Kabupaten Mesuji, Rabu 09/07/2019.

Kepala Kantor Kabupaten Mesuji, Budi Santoso turun langsung membagikan kaos kepada pedagang bahan makanan yang sedang berjualan. Tak canggung pedagang pun langsung mengenakan kaos tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Budi menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan memiliki tugas untuk menjalankan fungsi collecting iuran JKN-KIS, sosialisasi melalui kaos diharapkan dapat dipakai dan dibaca oleh masyarakat Kabupaten Mesuji.

“Penyampaian informasi melalui kaos pengingat ini adalah salah satu upaya yang cukup efektif dan efisien karena akan sering dibaca oleh masyarakat pada saat dipakai . Diharapkan masyarakat yang membacanya akan teringat apakah sudah membayar iuran atau belum,”ujar Budi.

Sularso (32) asal Mesuji yang juga seorang pedagang bakso bakar sangat mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam bersoisalisasi melalui kaos pengingat pembayaran iuran JKN-KIS.

“Kami sangat sulit mendapatkan informasi terkait iuran karena akses yang ckup sulit menuju kantor BPJS Kesehatan, tapi kami sangat senang sore ini mendapat kaos ini, nanti kaosnya akan sering kami pakai, supaya masyarakat bisa sambil baca dan mengingat pembayaran iuran JKN-KIS.” Tutur Sularso.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Metro Fauzan Aziman menyampaikan sosialisasi melalui kaos pengingat pembayar iuran ini dilakukan di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

Hal ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peka terhadap program JKN-KIS. Selain kepada pedagang di Pasar, kaos ini juga dibagikan kepada pekerja-pekerja yang berada di tempat keramaian seperti tukang penjual makanan, pedagang bakso, pengamen dan petugas kebersihan.

Berita Kesehatan, MESUJI.lamteng.com. (Rls/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *