Akibat Saluran Air Mampet, Rumah Warga Yukum Jaya Terendam

Berita Umum, LAMPUNG TENGAH, lamteng.com. —- Diduga akibat konstruksi aliran air dari Sekolah SD Smart Insani mampet, lima rumah warga yang ada di sekitarnya di RT 20, RW 008, Lingkungan 4 Kelurahan Yukum Jaya, Lampung Tengah, ikut tergenang.

Febri, salah satu warga yang rumahnya ikut terendam air mengaku, air mulai masuk sekira pukul 19.30 WIB pada Minggu 24 Februari 2019.

Ia mengatakan air yang menggenangi ini diakibatkan saluran air dari sekolah Smart Insani yang bersebelahan dengan rumahnya jadi tergenang dengan ketinggian di bawah mata kaki orang dewasa.

“Kontruksi bangunan di Smart Insani enggak bener. Masa tidak ada saluran pembuangaan air. Jadi air larinya kerumah-rumah di sini,” terangnya Febri, Senin (25/2/2019).

Menurut Febri, kejadian rumah warga digenangi air tidak pernah terjadi di wilayahnya sebelumnya.

Ia mengatakan sebelum adanya sekolah tersebut, siring pembuangan air berfungsi dengan baik.

“Dulu ada siring di belakang (sekolah). Tapi sejak ada pembangunan ini (gedung sekolah Smart Insani), sekarang malah ditutup. Akibatnya rumah kami yang terkena dampaknya,”tandasnya.

Ia berharap, pihak sekolah dapat segera mengatasi permasalahan ini, karena dikhawatirkan hal serupa akan sering terjadi mengingat curah hujan yang turun di Lampung Tengah dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi.

Menanggapi keluhan sejumlah warga di Kelurahan Yukum Jaya, yang diduga terkena dampak meluapnya air dari SD Smart Insani, pihak sekolah tersebut menegaskan telah membuat saluran air yang sesuai.

Ketua Yayasan Smart Insani, Mafhud Santoso menyatakan, antisipasi luapan air yang telah dibuat pihaknya yakni pembangunan siring sepanjang 10 meter.

“Dalamnya juga 35 centimeter dan alirannya ke irigasi persawahan yang ada di sekitar sekolah. Jadi air tidak mungkin ke meluber ke rumah warga,” kata Mahfud Santoso, saat dihubungi, Senin (25/2/2019).

Mafhud justru menduga, aliran air yang menggenangi rumah warga diakibatkan intensitas hujan yang memang sering turun dengan intensitas tinggi, termasuk di Kelurahan Yukum Jaya.

“Akhir-akhir ini hujan lebat disertai angin kencang hampir merata terjadi di daerah Lampung Tengah, termasuk di lokasi sekolah (Smart Insani) kemarin juga mengalami hujan,” ujarnya.

Berita Umum, LAMPUNG TENGAH, lamteng.com. (Asp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *