Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Lamteng Jalankan Sistem SPMPDM

Berita Pendidikan, LAMPUNG TENAGH, lamteng.com. —Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud) setempat akan menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah (SPMPDM). Guna meningkatkan mutu pendidikan dasar di Lampung Tengah (Lamteng).
Kepala Dinas Pendidikan Syarif Khusen mengatakan untuk merealisasikan sistem ini, pihaknya telah melakukan MoU dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung. LPMP menurutnya adalah perpanjangan tangan dari Derektorat Jendral Dasar dan Menengah.
Syarif Khusen menjelaskan SPMPDM  merupakan impelementasi Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016 tentang sistem satu kesatuan organisasi, guna menyusun sistem terpadu berkelanjutan. Sistem ini menurutnya terbagi dua yaitu, yakni SPM internal dan eksternal.
“Ini harus segera direalisasikan (SPMPDM), kita bersama baru saja melakukan MoU dengan LPMP Lampung,”terangnya Minggu 27 Januari 2019.
Ia memaparkan, dalam MoU ini Disdikbud  juga melibatkan Bapeda dan BKPSDM setempat.”Jadi ada keterlibatan Bapeda ini sebagai bagian penganggaran, dan kewajiban daerah untuk meningkatkan mutu pendidikan, dan BKPSDM ini untuk mendata personil atau SDM yang ada di Lamteng”jelasnya.
Ia menambahkan dalam rangka mengimplementasikan Peremendikbud nomro.28 tahun 2016, pihaknya akan melakukan MoU dengan seluruh satuan -satuan tenaga pendidik yang ada di Lamteng.
“Saya minta mereka (tenaga pendidik) segera membuat SK tim penjaminanan mutu internal. Tim ini isinya nanti perwakilan satuan pimpinan pendidikan itu sendiri, perwakilan guru, tenaga kependidikan, dan komite sekolah. Jadi empat komponen ini yang manjadi tim internal disekolah,”ujarnya.
Melalui tim ini nanti lanjutnya, akan diketahui titik-titik kelemahan yang ada.”(kelemahan) Kita akan melihatnya dari standard nasional, salah satunya yakni kompetensi lulusan sekolah,” tutupnya.
Berita Pendidikan, LAMPUNG TENAGH, lamteng.com.(Asp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *