Komisi II DPRD Lamteng Meminta SKPD Jadi Mitra Kerja

Berita Umum, LAMPUNG TENGAH, lamteng.com. Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi mitra kerja, agar lebih memaksimalkan program kerja di 2018.

Penekanan ini dilakukan lantaran banyak program dinas tak terealisasi sampai 100 persen. Hal ini diketahui pada hearing pembahasan program kerja dinas bersama empat satker yang meliputi Dinas Peternakan dan Perkebunan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan, di ruang rapat Komisi bersama SKPD, kemarin.

Ketua Komisi II DPRD Lamteng Anang Hendra Setyawan mengatakan, bahwa harus ada evaluasi terhadap kinerja dinas dan program kerja yang dijalakan, karena program kerja di 2017 kemarin tidak 100 persen. Ia pun meminta satu persatu SKPD mempersentasikan barapa capaian program 2017, dan kemudian apa langkah 2018 yang menjadi program kerjanya sesuai tupoksi agar target nya bisa tercapai.

“Nah itulah penekanan kita kepada masing-masing SKPD pada hearing. Supaya kita bisa mengevaluasi dan membandingkan. Kalau toh di 2017 tidak tercapai, apasih penyebabnya, kita harus memberikan solusi,” ujar Anang saat dikonfirmasi media, Kamis (8/2/2018).

Dalam hearing diketahui capaian empat satker di 2017 seperti Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan terealisasi 92 persen. Sementara untuk Dinas Pertanian terealisasi 89 persen. Hal ini diakuai semuanya terkendala masalah teknis.

“Dengan diskusi dan duduk bersama, kita harap program kerja SKPD 2018 ini bisa berjalan lebih baik, dan tidak terulang kembali seperti 2017. Makanya dari awal kita pengen lihat apasih yang menjadi opsi program dan yang menjadi program unggulannya apa. Supaya bisa terukur,” urainya.

Anang mengatakan, alasan tidak tercapai 100 persen program kerja SKPD 2017, lantaran masing-masing satker terkendala faktor Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Sehingga ada keterbatasan tenaga penyuluh, dan itu menjadi suatu faktor yang bagi mereka cukup berpengaruh disamping faktor budget.

Tetapi apapun resiko dan kejadiannya, tegas Anang, semua program kerja 2018 yang telah disusun rekan-rekan SKPD harus dijalankan maksimalkan. Karena ibarat perang, medan sudah tersedia amunisi sudah diberikan, meskipun tidak maksimal bagaimana caranya bisa memanfaatkan keterbatasan itu untuk mencapai target yang sesuai diinginkan.

“Yang pasti untuk memaksimalkan program 2018 dari budget dan SDM yang ada harus dimaksimalkan. Harus kejar target yang menjadi program unggulan,” tegas politisi Partai Demokrat Lamteng ini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.