Command Center: Untuk Mempermudah Pelayanan Terhadap Masyakat Lampung Tengah

Berita Umum, LAMPUNG TENGAH, lamteng.com. Bupati Mustafa bersama Irjen Suntana M.SI. Meresmikan Commad Center,”WIRA SATYA”, Polres Lampung Tengah. Kamis,(18/1).

Bupati Mustafa berharap dengan di resmikannya program unggulan Polres Lampung Tengah, pelayanan Command Center bisa bersinergi dengan program Smart Nitizen yang akan digulirkan Pemkab Lamteng.

Dalam mendukung program Command Center,
pihaknya telah menggandeng Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya serta DJ Corp dalam pemanfaatan aplikasi sistem informasi dan layanan administrasi kampung (SiKam) Smart Nitizen Lampung Tengah.

” Saya harap kolaborasi program Command Canter Polres dan Smart Nitizen Pemkab Lamteng bisa bersinergi dalam menciptakan keamanan di Lampung Tengah,” harap orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini.

Mustafa mengungkapkan, untuk memaksimalkan progres kedua program tersebut, pihaknya akan berupaya mempercepat kolaborasi pelayanan Command Center dan program Smart Nitizen yang ada di Lampung Tengah.

Jika perpaduan kedua aplikasi online ini berjalan efektip, maka masyarakat tidak perlu jauh-jauh saat ingin laporan kepada pihak kepolisian, ketika mendapatkan gangguan tindak kejahatan. Masyarakat tinggal klick tombol buttonya maka laporan akan sampai dan petugas akan turun langsung.

” Ini antisipasi kita terhadap tindak kejahatan kriminalitas di Lampung Tengah. Alhamdulilah berkat kerja keras polisi, tingkat kriminalitas di Lamteng turun. Mudah-mudahan aplikasi ini tidak hanya menyikapi masalah keamanan. Tapi juga aplikasi terkait bisnis, informasi dan kejadian-kejadian lainya yang ada dibawah bisa di infokan ke kepolisian.” pungkasnya.

Sementara Kapolres Lampung Tengah AKBP Purwanto Pujji Sutan menyambut baik langkah bupati Mustafa, yang akan mengkolaborasikan program Command Center dengan Smart Nitizen di Lamteng.

” Saya rasa langkah pak Mustafa ini sangat tepat dan efektip untuk mencegah terjadi nya tindak kejahatan kriminalitas di Lampung Tengah. Semoga kolaborasi kedua program ini bisa berjalan efektip,” ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan, pelayanan Command Center merupakan program unggulan Polres Lamteng untuk memudahkan pelayanan digital berbasis teknologi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi.

” Pelayanan Command Center ini tujuan nya untuk memberikan pelayanan maksimal. Sehingga mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan ketentraman kepada masyarakat diwilayah hukum Lampung Tengah,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat ini Command Center telah terkoneksi dengan 32 titik CCTV di sepanjang Jalur Utama Lintas Tengah, objek-objek vital seperti pusat-pusat keramaian, dan terkoneksi ke seluruh polsek-polsek yang ada di Lamteng.

” Selama ini banyak masyarakat yang sulit informasi ketika membutuhkan bantuan polisi. Command Centre inilah sebagai jawaban nya. Selain Command Center kita juga meresmikan ruang pelayanan SPKT, ruang Lakalantas dan Aula Rupatama “Sutan Cakra Buana”. ujar Kapolres.

AKBP Purwanto mengatakan, pusat pelayanan informasi secara digital berbasis teknologi sebagai penjabaran dan program Promoter Kapolri. Ia menjelaskan, Command Centre ditujukan untuk mengcover berbagai keluhan masyarakat seperti Laka lantas, tindak kriminlitas, bencana alam dan kebakaran.

Untuk praktek nya sendiri, masyarakat bisa mendownload aplikasi INP online di Play Store, dengan memasukan nomor NIK KTP, SIM, atau no ponsel. Setelah itu masyarakat tinggal menekan tombol laporan yang ada diaplikasinya, dan akan direspon oleh petugas.” Selanjutnya aktivitas masyarakat akan terpantau oleh petugas kami melalui GPS,” tuntasnya. (JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *