Pusing di Pagi Hari? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Lamteng.com – Sakit kepala bisa dipegaruhi oleh berbagai macam faktor risiko dan penyebab. Pada sebagian kasus, rasa sakit kepala kerap timbul di pagi hari. Apa sebenarnya penyebab sakit kepala di pagi hari?

WebMD mengungkapkan ada lima penyebab umum sakit kepala di pagi hari. Berikut ini adalah kelima penyebab umum tersebut serta cara untuk menurunkan risikonya menurut praktisi kesehatan Deborah Weatherspoon PhD RN CRNA.

Gangguan Tidur
Beberapa jenis gangguan tidur dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala di pagi hari. Salah satu gangguan tidur yang dapat memicu sakit kepala di pagi hari adalah apnea tidur.

Apnea Tidur merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan terjadinya jeda berulang dalam bernapas saat tidur. Ketika kadar oksigen menurun, pasokan oksigen yang masuk ke dalam otak pun akan berkurang.

Alaska Sleep Clinic mengungkapkan bahwa kurangnya kadar oksigen dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya sakit kepala vaskular. Oleh karena itu, sakit kepala menjadi salah satu kondisi yang paling sering dikeluhkan oleh penderita apnea tidur.

Kurang tidur juga bisa memicu terjadinya sakit kepala. Penelitian terhadap lebih dari 1.800 remaja menunjukkan bahwa orang yang sering terbangun di malam hari memiliki peluang lebih besar mengalami sakit kepala. American Migraine Foundation juga menyatakan bahwa tidur kurang dari enam jam atau lebih dari 8,5 jam dapat meningkatkan derajat keparahan sakit kepala.

Depresi dan Kecemasan
Gangguan suasana hati seperti depresi dan kecemasan diketahui berkaitan dengan sakit kepala. Jenis sakit kepala yang paling sering berkaitan dengan depresi dan kecemasan adalah probable medication overuse headache (pMOH) atau sakit kepala akibat pengobatan berlebihan. Jenis lain yang cukup sering berkaitan dengan gangguan suasana hati adalah tension type headache (TTH) atau sakit kepala tipe ketegangan serta sakit migrain. TTH hanya berkaitan dengan kecemasan dan tidak dengan depresi.

Alkohol dan Obat-Obatan
Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi dalam satu hari akan semakin meningkatkan frekuensi sakit kepala di pagi hari. Penggunaan beberapa obat untuk depresi, kecemasan dan insomnia seperti xanax, valium atau zyprexa juga memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami sakit kepala di pagi hari.

Bruxism
Bruxism adalah kondisi di mana seseorang menggertakkan atau mengatuk-ngatukkan gigi. Kondisi ini biasanya terjadi tanpa disadari saat seseorang tertidur.

Pada dasarnya, bruxism merupakan gangguan yang berkaitan dengan tekanan. Dalam kondisi yang berat, bruxism dapat menyebabkan sakit kepala berulang.

Masalah Kesehatan Serius
Sakit kepala yang sering kali muncul bisa jadi merupakan tanda dari adanya penyakit serius. Sakit kepala yang disebabkan suatu penyakit biasanya akan menyebabkan ujung saraf menjadi peka terhadap nyeri. Jenis sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit biasanya tergolong sebagai sakit kepala sekunder.

Salah satu masalah kesehatan serius yang dapat menyebabkan sakit kepala adalah tekanan darah yang sangat tinggi. Beberapa masalah kesehatan serius lain yang juga memicu sakit kepala adalah trauma, tumor otak dan stroke.

Kapan Harus ke Dokter
Tidak semua sakit kepala di pagi hari perlu penanganan lebih lanjut oleh dokter. Individu perlu memeriksakan diri jika sakit kepala di pagi hari terjadi setidaknya dua kali atau lebih dalam satu minggu, terjadi berulang khususnya pada orang yang berusia di atas 50 tahun, atau rasa sakit kepala datang tiba-tiba disertai sensasi leher yang kaku.

Individu juga perlu memeriksakan diri ke dokter jika sakit kepala terjadi setelah cedera di kepala, sakit kepala disertai demam atau muntah, sakit kepala disertai kebingungan dan penglihatan ganda atau sakit kepala yang disertai dengan melemahnya sensasi pada bagian tubuh tertentu.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *