Anggota Komisi II Sumarsono Berama Masyarakat Membuat Reaktor Bio Gas

Aggota Komisi II Sumarsono Bersama Masyarakat Membuat Reaktor Bio Gas

Berita Umum Lampung Tengah, lamteng.com. Anggota DPRD Lampung Tengah Prakarsai pembuatan Reaktor Bio Gas dalam menindak lanjuti aspirasi masyarakat Lampung Tengah, sabtu (16/09/2017).

Anggota Komisi II dari fraksi PDI Perjuangan Sumarsono, bersama masyarakat membuat Reaktor Bio Gas yang merupakan energi terbarukan serta mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat luas.

Pembuatan reaktor bio gas yang di prakarsai oleh anggota DPRD ini berada di RT 13/RW 3, kelurahan Bandar jaya Barat, kecamatan Terbangi Besar dan memanfaatkan limbah kotoran sapi yang berasal dari PT. Indo Prima Beef.
karena jika musim hujan tiba masyarakat yang berada disekitar kandang sapi tersebut terkena limbahnya yang berbau tidak sedap, sehingga dengan adanya pembuatan reaktor bio gas ini menjadi salah satu solusi yang tepat bagi masyarakat.

Dan bio gas ini dapat di pergunakan untuk kompor serta menyalakan lampu penerangan.

‘Pembuatan Reaktor Bio Gas ini adalah menindak lanjuti hasil reses kemarin, karena keluhan dari masyarakat terkait adanya kandang sapi milik PT.Indo Prima Beef ini, yang saya sendiri tidak pernah tahu ada nya kandang sapi ini, kemudian saya coba sampaikan kepada managernya yang secara kebetulan saya juga mempunyai sahabat dan juga guru yang dapat membuat reaktor bio gas ini. kemudian saya kontak pimpinan PT.Indo Prima Beef untuk dapat mengeluarkan sebagian dari keuntungannya untuk di berikan kepada masyarakat dalam bentuk Reaktor Bio Gas”. Ungkap Sumarsono.

Karena Bio Gas ini adalah energi yang tebarukan serta banyak manfaatnya, kedepan pihaknya telah meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat mengembangkannya secara komunal sehingga dapat di pakai oleh banyak masyarakat.

‘karena Bio Gas ini merupakan energi yang terbarukan dan limbahnya dapat di manfaat untuk pupuk, obat dan sebagainya, maka kedepan akan kita kembangkan lebih lanjut dan saya sudah mengusulkan kepada pemerintah daerah Lampung Tengah untuk dapat membuatnya secara komunal sehingga dapat di manfaatkan bagi masyarakat banyak nantinya”. Terang Sumarsono.

Sementara itu menurut pembuat reaktor bio gas, Warni Adiyanto, mengatakan, pembuatan reaktor bio gas ini adalah program dari anggota DPRD Lampung Tengah Sumarsono, guna mencarikan solusi antara masyarakat sekitar kandang PT. Indo Prima Beef, yang saat musim hujan datang terkena dampak bau limbah kotaran sapi. Untuk produksi reaktor bio gas ini di buat oleh CV. Abiyaksa.

Banyak sekali manfaat dari limbah bio gas ini, seperti campuran pembuatan pupuk dan pakan ternak, gasnya dapat dimanfaatkan untuk kompor dan lampu. Sedangkan kotoran hewan yang sudah diambil gasnya dinamakan Slury, dapat dimanfaatkan untuk campuran membuat pupuk padat, pupuk cair organik, bio pestisida organik dan dapat digunakan sebagai campuran untuk pakan ayam, bebek, mentok, belut, cacing tanah dan ikan, dan bio gas ini banyak sekali manfaatnya bagi manusia”.jelas Sumarsono.

Berita Umum Lampung Tengah, lamteng.com. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *